Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Habitat Ikan Jurung (Tor tambra)

Ikan tambra umumnya hidup di perairan air tawar dan merupakan tipikal ikan yang menyukai arus air yang deras, berair jernih, dasar perairan berbatu, suhu air relatif rendah, kandungan oksigen tinggi, dan lingkungan sekitar berupa hutan. Masing-masing ukuran dari ikan Tor biasanya menempati tipe dari habitat tertentu. Ikan kecil sampai remaja menyukai bagian sungai yang berarus dan berbatuan. Sedangkan ikan dewasa menempati lubuk-lubuk sungai yang dalam. Karakteristik ini menunjukkan bahwa ikan Tor merupakan tipikal ikan-ikan penghuni dari perairan di kawasan pegunungan (Haryono, 2007).

Di habitat aslinya, ikan Tor memiliki gerakan yang sangat agresif, baik saat mengejar mangsa maupun menghindar dari ancaman. Oleh karena itu, di Malaysia dan India, ikan Tor menjadi favorit para pemancing. Begitu pula di Pegunungan Muller, Kalteng, jika ikan terperangkap jala atau pukat, mereka akan memberontak sekuat tenaga. Ikan Tor termasuk aktif di malam hari, sedangkan siang hari lebih banyak sembunyi di balik batuan. Namun, jika mendengar atau melihat buah jatuh ke air, mereka akan segera mengejarnya (Barabes, 2008).

Penyebaran dari ikan Tor meliputi Sumatera, Jawa, Malaysia, Birma, Thailand dan Indocina (Kotellat et al, 1993). Habitat ikan Tor dapat dibedakan menjadi tiga tipe berdasarkan ukurannya, yaitu habitat untuk larva/juvenil, anakan sampai remaja, dan dewasa dengan karakteristik sebagai berikut: (i) Habitat larva/juvenil umumnya pada bagian tepi sungai yang ditandai oleh substrat/dasar perairan pasir, arus tenang, warna air jernih, dan dangkal (<50 air.="" arus="" bertelurnya="" cm="" dengan="" diduga="" habitat="" hal="" i="" ikan="" ini="" juga="" kemampuannya="" masih="" melawan="" merupakan="" rendah="" seperti="" tempat="" terkait="" untuk="" yang="">spawning ground
). (ii) Habitat ikan ukuran kecil sampai dengan sedang ataupun remaja dengan karakteristik sebagai berikut dasar perairan batuan berdiameter <50 15-20="" 20-60="" 50-75="" air="" antara="" arus="" besar="" cm="" dan="" dari="" dengan="" deras="" habitat="" iii="" ikan="" indukan="" jernih="" kanopi="" kedalaman="" kerikil="" lambat="" lebar="" lubuk="" m="" merupakan="" panjang="" pasir="" penutupan="" sampai="" sedang="" substrat="" sungai="" tenang="" tersusun="" ukuran="" umumnya="" warna="">1,5 m, dasar perairan batuan, substrat tersusun dari pasir dan kerikil, warna air jernih, dan penutupan kanopi >75% (Haryono, 2007).

Menurut Effendie (2002), habitat pemijahan ikan dapat dikelompokan menjadi tiga, yaitu phytophils (harus adanya vegetasi), lithophils (harus di dasar perairan batuan dan pasir), dan pelagophils (harus di perairan terbuka). Berdasarkan kriteria tersebut maka ikan tambra termasuk ke dalam kelompok lithopils karena memijah pada sungai yang dasarnya batuan dan bersubstrat pasir/kerikil.


Labels: Ikan Air Tawar, Perikanan

Thanks for reading Habitat Ikan Jurung (Tor tambra) . Please share...!

0 Comment for "Habitat Ikan Jurung (Tor tambra) "

Back To Top