Jenis Kemasan Plastik

Posted by

Plastik Polietilen
Polietilen adalah polimer dari monomer etilen yang dibuat dengan proses polimerisasi adisi dari gas etilen yang diperoleh dari hasil samping industri minyak dan batubara. Polietilen merupakan film yang lunak, transparan dan fleksibel, mempunyai kekuatan benturan dan kekuatan sobek yang baik. Pemanasan polietilen akan menyebabkan plastik ini menjadi lunak dan cair pada suhu 110oC. Sifat permeabilitasnya yang rendah dan sifat mekaniknya yang baik, maka polietilen dengan ketebalan 0.001 – 0.01 inchi banyak digunakan unttuk mengemas bahan pangan. Plastik polietilen termasuk golongan termoplastik sehingga dapat dibentuk menjadi kantung dengan derajat kerapatan yang baik. Berdasarkan densitasnya, polietilen dibagi menjadi 4, yaitu polietilen densitas rendah (Low Density Polyethylene/LDPE), polietilen densitas sedang (Medium Density Polyethylene/ MDPE), polietilene densitas tinggi (High Density Polyethylene/HDPE), dan Linear-lowdensity polyethylene (LLDPE) yaitu kopolimer etilen dengan sejumlah kecil butana, heksana atau oktana, sehingga mempunyai cabang pada rantai utama dengan interval (jarak) yang teratur. LLDPE lebih kuat daripada LDPE dan sifat heat sealing-nya juga lebih baik (Julianti dan Nurminah, 2006).

Kode Kemasan Plastik

Plastik Polipropilen
Plastik polipropilen (PP) termasuk jenis plastik olefin dan termasuk polimer dari propilen dengan sifat utama ringan dan mudah dibentuk. Sifat plastik PP antara lain ringan, dengan densitas 0,9 g/cm3, kekuatan tarik lebih besar dari PE, pada suhu rendah akan rapuh sehingga tidak dapat digunakan untuk kemasan beku, lebih kaku dari PE dan tidak mudah sobek, permeabilitas uap air rendah, permeabilitas gas sedang, tidak baik untuk makanan yang peka terhadap oksigen, tahan terhadap suhu tinggi hingga 150 oC, titik lebur tinggi, tahan terhadap asam kuat, basa dan minyak pada suhu tinggi, namun bereaksi dengan benzene, siklen, toluene, terpentin, dan asam nitrat kuat (Syarief et al., 1989). Menurut Julianti dan Nurminah (2006), kemasan plastik polietilen dan polipropilen mempunyai daya toksisitas yang rendah yaitu dengan ambang batas maksimum 60 mg/kg bahan pangan.

Buckle (1988)


Daftar Pustaka

Buckle, K. A., R. A. Edwards, G. H. Fleet dan M. Wootton. 1988. Ilmu Pangan. Terjemahan. Universitas Indonesia Press, Indonesia.
Julianti, Elisa dan Mimi Nurminah. 2006. Teknologi Pengemasan. Departemen Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian USU.
Syarief, Rizal et al. 1989. Teknologi Pengemasan Pangan. Laboratorium Rekayasa Proses. PAU, IPB, Bogor.


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 20:57

1 komentar:

  1. Ayo gan.
    Kami menyediakan berbagai jenis kemasan makanan yang berbahan dasar plastik dan aluminium foil. ataupun kemasan makanan yang tahan panas.

    informasi lebih lanjut bisa mengunjungi website kami di :
    www.kemasansinergy.com

    ReplyDelete

Artikel Berkaitan

loading...