Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Pemanfaatan Jamur Pelapuk Putih (white rot fungi) untuk Pakan Ternak

Jamur pelapuk dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu: jamur pelapuk putih (white-rot fungi), jamur pelapuk coklat (brown-rot fungi), dan jamur pelapuk lunak (soft-rot fungi). Jamur pelapuk putih (JPP) dan jamur pelapuk coklat (JPC) termasuk di dalam kelompok basidiomycetes, sedangkan jamur pelapuk lunak (JPL) termasuk di dalam kelompok ascomycetes, dan aktivitasnya seringkali terkait dengan tinggi rendahnya kelembaban kayu. JPC lebih mendegradasi poliskarida di dalam biomassa lignoselulosa dan hanya sedikit melarutkan lignin. JPP adalah mikroba yang paling efisien dalam mendegradasi lignin menjadi CO2. Ligninolitik berhubungan dengan produksi enzim ekstraseluler pendegradasi lignin yang dihasilkan oleh JPP (Hammel, 1996).


Enzim ligninase dari organisme yang mampu memproduksi enzim tersebut mempunyai peluang yang sangat besar untuk diaplikasikan di industri-industri, seperti misalnya untuk degradasi polutan, biokonversi lignin, biobleaching dan biopulping dari potongan-potongan kayu (wood chip), desulfurisasi minyak bumi dan batu bara, serta deligninasi limbah pertanian (Dosoretz et al., 1993).

Jamur white rot menguraikan lignin melalui proses oksidasi menggunakan enzim phenol oksidase menjadi senyawa yang lebih sederhana sehingga dapat diserap oleh mikroorganisme. Selulosa dan hemiselulosa juga merupakan penyusun jaringan tumbuhan yang tersusun dari gula yang berbeda. Selulosa adalah polimer linier yang tersusun dari D-glukosa yang diikaat oleh β-1,4 glycosida membentuk celobiosa. Senyawa ini didegradasi oleh enzim mikroba menjadi oligosakarida kemudian menjadi glukosa (Sanchez, 2009).


Daftar Pustaka

Dosoretz, K.H,. Gams and Anderson, T. H. 1993. Compendium of Soil Fungi. Volume  I. IHW Verlag, Eching.

Hammel K.E. 1996. Extracellular free radical biochemistry of ligninolytic fungi. New J Chem 20 : 195 – 198
Sanchez, C. 2009. Lignocellulosic Residues : Biodegradation and Bioconversion by Fungi. Biotechnology Advances 27.

Labels: Bahan Pakan, Pakan Alternative

Thanks for reading Pemanfaatan Jamur Pelapuk Putih (white rot fungi) untuk Pakan Ternak . Please share...!

0 Comment for "Pemanfaatan Jamur Pelapuk Putih (white rot fungi) untuk Pakan Ternak "

Back To Top